Daftar Mata Kuliah

Semester 1 Semester 2 Semester 3 Semester 4
No Mata Kuliah SKS No Mata Kuliah SKS No Mata Kuliah SKS No Mata Kuliah SKS
1 Pancasila 2 1 Kewarganegaraan 2 1 Manajemen Operasi 3 1 Strategi Operasi 3
2 Etika 2 2 Pendidikan Agama 2 2 Manajemen Pemasaran 3 2 Akuntansi Manajemen 2
3 Logika 2 3 Estetika 2 3 Akuntansi Biaya 3 3 Keuangan Bisnis Lanjutan 3
4 Sosiologi 3 4 Design Thinking 3 4 Keuangan Bisnis 3 4 Manajemen Talenta 3
5 Ilmu Politik 3 5 Praktek Bisnis di Indonesia 2 5 MSDM 3 5 Strategi Pemasaran 3
6 Ilmu Ekonomi 3 6 Teknik Penulisan Karya Ilmiah 1 6 Perilaku Organisasi 3 6 Hukum Bisnis 2
7 Akuntansi Keuangan Dasar 3 7 Bisnis dan Lingkungan 2 7 Sistem Informasi Manajemen 3 7 Kreativitas dan Inovasi 2
8 Pengantar Administrasi 3 8 Pengantar Sosiologi Industri 2 8 Mata Kuliah Wajib Konsentrasi 1 2 8 Mata Kuliah Wajib Konsentrasi 2 2
Total SKS 21 9 Dasar-Dasar Organisasi 3 Total SKS 23 9 Mata Kuliah Wajib Konsentrasi 3 2
Total SKS 19 Total SKS 22

Semester 5 Semester 6 Semester 7 Semester 8
No Mata Kuliah SKS No Mata Kuliah SKS No Mata Kuliah SKS No Mata Kuliah SKS
1 Metode Penelitian Bisnis 3 1 Kepemimpinan 2 1 Seminar 2 1 Skripsi 6
2 Riset Operasi Bisnis 2 2 Perencanaan dan Pengembangan Bisnis 3 2 KKNF 3 Total SKS 6
3 Manajemen Strategi 3 3 Pengantar Corporate Governance 3 3 Perencanaan dan Akuntansi Pajak 2
4 Analisis Laporan Keuangan 3 4 Pilihan Konsentrasi 3 4 Kepemimpinan 2
4 Kewirausahaan 3 5 Bahasa Inggris 2 5 Berpikir Sistem 3
6 Statistik Bisnis 3 6 Perpajakan 3 Total SKS 12
7 Bahasa Indonesia 2 7 Pemodelan Bisnis 3
8 Komunikasi Bisnis 2 8 Pilihan Bebas 2
9 Database Management System 1 Total SKS 21
Total SKS 22

No Pilihan 1
1 Simulasi Bisnis
2 Magang/Profesional
No Mata Kuliah Wajib Simulasi Bisnis
1 Manajemen Rantai Pasok
2 Studi Kelayakan Bisnis
3 Perilaku Konsumen
No Mata Kuliah WAJIB Magang
1 Manajemen Rantai Pasok
2 Personal Development
3 Analisis Bisnis
No Pilihan Bebas (pilih 1)
1 Statistic for Finance
2 Pajak Internasional
3 Digital Marketing
4 Audit SDM
5 E-business
6 Social Enterprise
7 Hubungan Industrial
8 Perbankan
9 Akuntansi Keuangan Menengah

Komponen Capaian Pembelajaran (CP) Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis (PS ABI) meliputi:
A. Sikap
B. Ketrampilan Umum
C. Ketrampilan Khusus
D. Pengetahu

Penjelasan rinci untuk setiap komponen CP, sebagai berikut ini:
A. SIKAP
     Lulusan PS ABI diharapkan memiliki sikap sebagai berikut:
1. Bertaqwa kepada Tuhan YME dan mampu menunjukkan sikap religius
2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,
moral, dan etika
3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa,
bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila
4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki
nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa
5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta
pendapat atau temuan orisinil orang lain
6. Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat
dan lingkungan
7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang Administrasi Bisnis
secara mandiri
10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaa

B. Keterampilan Umum Lulusan PS ABI

1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif, dalam konteks
pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang
memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang
Administrasi Bisnis
2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan
dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai
dengan bidang Administrasi Bisnis berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah
dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni
4. Mampu menyusun dekripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk
skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan
tinggi
5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di
bidang bisnis, berdasarkan hasil analisis informasi dan data
6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing,
kolega, sejawat, baik di dalam maupun di luar lembaganya
7. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan
supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada
pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya
8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di
bawah tanggung jawabnya dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri
9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan
kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi

C. Ketrampilan Khusus
Capaian pembelajaran pada kelompok Ketrampilan Khusus, dibagi ke dalam tiga
domain: (1) Ketatapamongan (Governance); (2) Inisiasi sebuah bisnis baru (Start-up
Business); (3) Pengelolaan sebuah organisasi bisnis baru (start-up business).

Pada domain Ketatapamongan (governance), lulusan Sarjana Administrasi Bisnis
memiliki kemampuan:

  1. Mengevaluasi implikasi suatu kebijakan, keputusan, maupun strategi dengan
    menggunakan pendekatan analitis dan sistematis yang dituangkan dalam format
    evaluasi terstandar yang minimum mencakup informasi tentang metodologi
    evaluasi, temuan evaluasi, kesimpulan, dan rekomendasi;
  2. mengidentifikasi, menganalisis, permasalahan bisnis terstruktur (structured
    business) dengan menggunakan pendekatan analitis dan sistematis dan
    merumuskan solusi yang dapat dipertanggungjawabkan;
  3. mengidentifikasi, menganalisis praktek “tanggung jawab sosial dari sebuah
    organisasi bisnis” (corporate social responsiblity) terkait dengan etika dan
    pemanfaatannya, dengan menggunakan pendekatan analitis dan sistematis dan
    merumuskan solusi yang dapat dipertanggungjawabkan.
  4. Mengaplikasikan prinsip-prinsip tata kelola perusahaan bisnis jasa dan non-jasa
    yang memenuhi tanggung jawab sosial.

 

Pada domain Inisiasi sebuah bisnis baru (start up business), lulusan Sarjana Administrasi
Bisnis memiliki kemampuan:

  1. mengkreasi dan mengelola inovasi, pendirian entitas bisnis baru dengan potensi
    pertumbuhan yang tinggi berbasis pada potensi dan kearifanlocal;
  2. mengidentifikasi, mengevaluasi beragam risiko dan peluang menjalankan bisnis
    dalam konteks lingkungan global, dan mengusulkan alternative solusi yang dapat
    dipertanggungjawabkan;
  3. mengidentifikasi dan mengkomunikasikan dampak teknologi terhadap bisnis
    konvensional dan bisnis era digital (e-commerce) secara bertanggung jawab.
  4. mengkaji interelasi antar beragam model bisnis dengan aspek lingkungan alam dan
    sosial setempat.
  5. Membuat desain e-business/digital product/digital start-up

Pada domain Pengelolaan sebuah organisasi bisnis baru (start up business) atau bisnis
berukuran kecil hingga menengah, lulusan Sarjana Administrasi Bisnis memiliki
kemampuan:

  1. memformulasikan dan mengimplementasikan strategi bisnis konvensional yang
    bersifat fungsional;
  2. menggunakan ketrampilan hubungan antar pribadi, respek dan empati, dan
    mengimplementasikan teori kelompok untuk menyampaikan dan mempersuasi
    penyelesaian konflik antar pribadi, kelompok, dan sosial dalam organisasi;
  3. bekerja dalam tim bisnis secara efisien dan efektif dengan latar belakang sosial dan
    akar budaya bisnis yang beragam.
  4. Merancang dan memanfaatkan IPTEK untuk mengelola dan mengembangkan bisnis
    jasa dan non-jasa
  5. Mengaplikasikan pengelolaan organisasi bisnis jasa dan non-jasa secara profesional
  6. Mengidentifikasi dan menyelesaikan permasalahan bisnis jasa dan non-jasa

D. Penguasaan Pengetahuan

  1. Menguasai konsep teoretis secara mendalam terkait dengan teori administrasi,
    corporate governance, dan pengambilan keputusan;
  2. Menguasai konsep teoretis secara umum terkait dengan teori-teori:
    kewirausahaan, inovasi sebagai bagian dari teori kreasi pengetahuan (knowledge
    creation), motivasi (motivation theory),perubahan (social dan manajemen)
    khususnya perilaku social dalam kewirausahaan, lintas budaya dalam organisasi
    bisnis, fungsi-fungsi bisnis, dan teori pemangku kepentingan;
  3. Menguasai konsep umum teori ekonomi, sistem politik, dan teori ekonomi politik;
  4. Menguasai pengetahuan faktual dan terkini tentang hukum bisnis dan etika bisnis;