Visi, Misi & Tujuan

Visi

Visi PS Teknik Informatika UNPAR adalah:

menjadi komunitas akademik beriman yang unggul di bidang informatika yang memiliki kemampuan kreatif dan inovatif dan mengembangkan potensi lokal pada tataran internasional demi peningkatan martabat manusia

Mengacu pada Visi UNPAR yaitu “Menjadi komunitas akademik humanum yang bersemangat kasih dalam kebenaran untuk mengembangkan potensi lokal menuju tataran internasional demi peningkatan martabat manusia dan keutuhan alam ciptaan, berdasarkan sesanti Bakuning Hyang Mrih Guna Santyaya Bhakti”, fokus utama dari Visi Program Studi Teknik Informatika UNPAR adalah pada pembangunan komunitas akademik. Setelah melakukan survei kepada pengguna lulusan dan alumni disadari bahwa kekuatan lulusan PS Teknik Informatika UNPAR adalah pada kemampuan dasar informatika yang kuat, terutama adalah kemampuan pemrograman. Untuk itu dirumuskan visi untuk menjadi komunitas akademik yang unggul di bidang informatika.

Menjelang tahun 2020, PS Teknik Informatika UNPAR akan lebih memberikan perhatian kepada pembangunan jiwa wirausaha dalam kaitannya dengan pengembangan potensi lokal. Oleh karena itu, proses pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan oleh PS Teknik Informatika UNPAR harus memberi perhatian pada masalah-masalah yang secara nyata dihadapi oleh masyarakat dan bangsa Indonesia, khususnya di wilayah Jawa Barat. Untuk itu komunitas akademik Teknik Informatika UNPAR harus dibekali dengan kemampuan kreatif dan inovatif agar potensi lokal tersebut dapat dikembangkan sehingga mampu untuk disejajarkan dan dikompetisikan pada tataran internasional.

Sebagai Universitas Katolik, UNPAR menaruh perhatian utama pada peningkatan martabat manusia. Kegiatan pendidikan yang ditujukan untuk menyiapkan generasi muda sebagai calon pemimpin masa depan dimaksudkan agar mereka berkembang menjadi manusia yang utuh yang memiliki keseimbangan antara rasio, rasa, raga, dan rukun. Untuk itu, proses pendidikan yang berlangsung di UNPAR harus mampu memberikan pengalaman belajar kepada para mahasiswa, bukan hanya dalam pengembangan rasio yang dilaksanakan berdasarkan kurikulum, melainkan juga pengembangan rasa, raga, dan rukun melalui interaksi dan pergaulan hidup sehari-hari di lingkungan kampus UNPAR. Untuk mencapai keunggulan, PS Teknik Informatika UNPAR juga harus senantiasa mengembangkan potensi lokal ke tataran internasional. Oleh karena itu, pembangunan suasana akademik yang kondusif merupakan bagian yang sangat penting dalam pembentukan manusia yang bermartabat dan pengembangan potensi lokal tersebut.

Berikut ini adalah penjelasan tentang beberapa istilah yang muncul pada visi program studi:

  1. Informatika dimengerti sebagai suatu ilmu yang mempelajari penyelesaian masalah dengan memanfaatkan teknik komputasi dan teknologi informasi.
  2. Potensi lokal adalah kekuatan, keunggulan, keunikan asli (indigenous) yang terkandung di bumi Indonesia, khususnya di wilayah Jawa Barat.
  3. Tataran internasional mempunyai arti bahwa komunitas akademik yang diinginkan adalah komunitas akademik yang menghasilkan sumber daya manusia yang berwawasan luas, memiliki daya saing, serta mampu berperan aktif dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, tidak hanya pada tingkat nasional, tetapi juga pada tingkat internasional.
  4. Martabat manusia merupakan suatu hal fundamental yang dimiliki manusia dalam menghargai dan menghormati keutuhan manusia, yang terdiri atas rasa, rasio, raga, dan rukun. Manusia yang bermartabat adalah manusia yang dalam setiap tindakannya senantiasa menggunakan jalinan keempat hal berikut:
    1. Kepekaan perasaan (rasa)
      Kepekaan perasaan manusia berarti manusia tersebut peka terhadap nilai-nilai kejujuran, keadilan, kehendak baik, keterbukaan, rasa memiliki, kesedehanaan, tanpa pamrih, kegigihan, kesetiaan, kasih kepada sesama, pengorbanan, pengabdian, serta keberpihakan kepada yang tersisih.
    2. Kemampuan akal (rasio)
      Kemampuan akal manusia berarti manusia mampu menggunakan metode berpikir deduktif (dari umum ke khusus), dan induktif (dari khusus ke umum) secara dialektis, serta mengaitkan fakta masa lalu dan masa sekarang dengan potensi masa depan, untuk mencari, menemukan, dan mengkomunikasikan kebenaran.
    3. Keterampilan fisik (raga)
      Keterampilan fisik manusia berarti manusia terampil dalam menggunakan kemampuan ragawinya untuk mewujudkan jalinan hasil kegiatan perasaan dan akalnya, di dalam kerukunan dengan sesama untuk memberikan kontribusi kepada sesamanya.
    4. Kerukunan dengan sesama manusia (rukun)
      Kerukunan manusia berarti manusia memelihara kerukunan melalui jaringan kerjasama (networking), kebersamaan, kerja tim (team work), dialog, dan inklusivisme.

Misi

Misi PS Teknik Informatika merupakan penjabaran penyelenggaraan kegiatan pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan dalam upaya mewujudkan visi PS Teknik Informatika yang diturunkan dari visi Universitas Katolik Parahyangan.

Misi PS Teknik Informatika Unpar adalah secara berkesinambungan dan berdasarkan nilai-nilai moral, etika dan standar akademik yang tinggi melaksanakan:

  1. Proses pembelajaran di bidang informatika agar menghasilkan lulusan dengan kompetensi akademik yang tinggi, memiliki kemampuan kreatif dan inovatif, softskill serta etika profesional yang menonjol.
  2. Penelitian di bidang informatika untuk mendukung proses pembelajaran yang bermutu tinggi serta berkontribusi pada pengembangan ilmu bagi masyarakat nasional dan internasional dengan berupaya menggali potensi lokal.
  3. Pengabdian masyarakat yang berkontribusi untuk memajukan masyarakat dalam meningkatkan pengetahuan informatika dan pemanfaatan teknologi informasi.

Tujuan

Tujuan yang ingin dicapai oleh PS Teknik Informatika Unpar adalah menghasilkan lulusan dengan kompetensi sebagai berikut:

Kompetensi Utama

  1. Mampu secara kreatif dan inovatif memformulasikan pemecahan  masalah dengan memanfaatkan teknik komputasi dan teknologi informasi
  2. Mampu membuat program dalam bahasa pemrograman berorientasi objek untuk mengimplementasikan pemecahan masalah
  3. Mampu bekerja sama dalam tim pembangunan perangkat lunak secara sistematis dan menyeluruh

Kompetensi Pendukung

Mampu mengkomunikasikan ide/gagasan/pemikiran di bidang informatika

Kompetensi Lainnya

  1. Mampu bekerja secara mandiri
  2. Mempunyai sikap dan etika profesional yang tinggi berdasarkan ketakwaan kepada Tuhan YME dan kecintaan terhadap tanah air.
X