BISING 2017

BISING (Business Internship Initiation) merupakan acara tahunan yang diadakan oleh program studi ilmu administrasi bisnis unpar sebagai kegiatan inisiasi bagi mahasiwa baru prodi IAB (Ilmu Administrasi Bisnis) sendiri. Kegiatan ini diharapkan dalam memberikan bekal pengalaman dan pengetahuan baru bagi mahasiswa baru khususnya mahasiswa baru 2017 yang baru saja masuk tahun ini. Pengalaman ini diharapkan dapat membantu maba mengenal lebih dekat dunia bisnis sesungguhnya juga dapat meningkatkan softskills mereka agar dapat berinteraksi langsung dengan para pelaku bisnis. Pada kesempatan bising 2017 maba diarahkan untuk membantu UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) memasarkan produknya secara online melalui berbagai media sosial. Kegiatan BISING ini dilaksanakan kurang lebih selama 2 bulan, dari akhir Agustus 2017 sampai pada bulan Oktober 2017.

Kegiatan puncak BISING 2017  berupa sidang formal di mana mahasiswa baru 2017 diminta untuk mempresentasikan hasil kerja mereka di depan para juri yang kompeten di bidangnya.  Kegiatan puncak BISING 2017  diadakan di GH Universal Hotel, hari Sabtu, 14 Oktober 2017. Kegiatan ini dibuka oleh kaprodi Ilmu Administrasi Bisnis UNPAR yaitu Ibu Dr. Banowati Talim.

Sambutan kepada MABA 2017 oleh Kaprodi IAB UNPAR
Acara BISING 2017 resmi Dibuka oleh kaprodi IAB UNPAR

Selanjutnya, 25 kelompok Maba 2017 dipersilahkan untuk mempresentasikan UMKM yang mereka bantu dalam waktu 4 menit yang disertai dengan video yang juga mereka upload di youtube.

Para juri juga memberikan beberapa pertanyaan kepada para peserta untuk melihat pemahaman mereka mengenai bisnis online. Juri BISING 2017 terdiri dari dosen-dosen IAB yang memiliki kompetensi yang berbeda-beda sesuai dengan 4 pilar penunjang BISNIS yang terdiri dari bidang pemasaran, operasional, sumber daya manusia dan keuangan. Dari atas kiri ke kanan bawah (Pak Daniel Karim di bidang sumber daya manusia, Pak Albert Tobing di bidang operasi, Ibu Maria Widyarini di bidang Keuangan, dan Pak James Situmorang di bidang Pemasaran).

Dari atas kiri ke kanan bawah (Pak Daniel Karim yang kompeten di bidang sumber daya manusia, Pak Albert Tobing di bidang operasi, Ibu Maria Widyarini di bidang Keuangan, dan Pak James Situmorang di bidang Pemasaran).

Setelah acara sidang akhir selesai, mahasiswa diajak untuk mengikuti Table Manner yang dikelola langsung oleh pihak GH. Universal Hotel. Acara Table Manner menjadi bagian tak terpisahkan dari acara BISING karena table manner dianggap perlu bagi para pembisnis. Di mana para pembisnis biasanya sering makan bersama dengan rekannya untuk mengembangkan bisnis mereka sendiri. Oleh karena itu, tata cara makan (table manner) sangat penting untuk dipelajari dan digunakan oleh para pembisnis (juga calon pembisnis).

Berakhirnya acara Table Manner, membawa para peserta menunju ke salah satu hal yang dinantikan dalam BISING ini yaitu pengumuman para pemenang  BISING 2017. Pemenang BISING dibagi menjadi 3 kategori yaitu kelompok dengan like video youtube terbanyak, kelompok dengan presentasi terbaik (dari hasil perhitungan juri) dan kelompok dengan makalah terbaik. Berikut foto para pemenang BISING 2017 :

Kelompok Video Like YOUTUBE Terbanyak
Kelompok Presentasi Terbaik BISING 2017

Setelah pengumuman pemenang BISING 2017, berakhir juga acara BISING 2017 yang ditutup dengan penutupan dari Ketua Panitia BISING 2017.

Penutupan oleh Ketua Panitia BISING 2017

Setelah penutupan para mahasiswa baru angkatan 2017 diminta untuk berfoto bersama sebagai bukti berakhirnya acara BISING 2017 juga sebagai bentuk kebersamaan mereka sebagai mahasiswa program studi Ilmu Administrasi Bisnis 2017.

nb : foto lebih lengkap dapat dilihat di –> https://goo.by/3c53Z