Cara Mudah Ber-Investasi (FINTECH TALKS : A Look Into The Future)

FINTECH TALKS : A Look Into The Future– Fintech Talk : A look Into the future diselengarakan oleh Center of Excellence SME and Development (CoE SMED) bekerja sama dengan Inkubator bisnis dan teknologi, dan diselenggarakan pada Rabu, 9 mei 2018 di Ruang Audio Visual, Gedung FISIP, UNPAR. Acara ini didukung oleh beberapa platform fintech yang sudah cukup ternama di Indonesia yaitu, AMARTHA, KOINWORKS, MODALKU, UANG TEMAN. Acaranya tidak hanya berupa seminar melainkan diadakan juga Expo yang bertempat di Selasar PPAG. Seminar berlangsung dari pukul 8 pagi hingga 12 siang, sedangkan Expo berlangsung lebih lama, yaitu dari pukul 8 pagi hingga jam 4 sore.

Pada seminar sendiri terdapat 120 peserta yang cukup berantusias mengikuti acara ini, peserta-pun berasal dari jurusan dan universitas berbeda, bahkan terdapat beberapa dosen dari jurusan lain yang mengikuti seminar tersebut. Pada sesi pertama para manajer perusahaan fintech menjelaskan masing-masing produk dari perusahaan masing-masing, mulai dari apa itu financial technologi, hingga pasar yang mereka ambil dan juga struktur pembiayaan dan cara untuk mendaftarkan diri sebagai bagian dari perusahaan fintech sendiri.

Tterdapat 4 perusahaan yang kita undang pada seminar kali ini, dan keempat perusahaan bergerak dalam bidang yang sama, namun terdapat beberpa perbedaan salah satunya sektor yang mereka biayai, minimum dan maksimum dalam melakukan investasi serta cara dari masing-masing perusahaan untuk memastikan bahwa borrower dan lisence merupakan orang yang tepat sehingga dapat terjadi transaksi pinjam meminjam. Dalam kegiatan penilai beberapa perusahaan telah bekerja sama dengan beberapa partner seperti OJK, LAZADA, BUKA LAPAK, dan bahkan ada yang menggunakan test psikologis dalam menilai apakah borrower layak untuk mendapatkan pinjaman dana, serta dapat mengembalikan pinjaman.

Semoga dengan adanya seminar Fintech Talks ini dapat menambah pengetahuan para peserta seputar cara berinvestasi yang baik dan bermanfaat bagi orang lain serta membuat uang yang mereka miliki tidak diam di dalam rekening, dan terpotong nilai invlasi yang kian lama membuat uang tidak bernilai.”ujar salah satu panitia Fintech, Michael”