Pembukaan pertemuan proyek South East Asia B2B Sales Competition (SEASAC)

Pada tanggal 4-6 Desember 2018 UNPAR telah mengirimkan timnya dalam pertemuan pembuka proyek SEASAC yang dilaksanakan di Rangsit University (RSU), Bangkok, Thailand. Meeting yang dihadiri seluruh universitas partner dan universitas program ini memiliki pembahasan penting tentang peran dan tanggung jawab setiap anggota program, anggaran, dan rencana kegiatan proyek untuk 3 tahun ke depan.

Pertemuan ini UNPAR diwakili oleh Dr. Budi Husodo (Wakil Rektor IV bidang Kerja sama), bersama tim pelaksana diwakili oleh Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis yang dipimpin oleh Dr. M. Banowati Talim (Ketua Prodi Ilmu Administrasi Bisnis & Team Leader), dan anggota tim yaitu Ratih Indraswari, S.IP., M.A., (Head of International Office UNPAR & Project Manager of SEASAC), Dr. Maria Widyarini & Dr. Rulyusa Pratikto (Dosen Prodi IAB & Researcher Team of SEASAC), serta Dian Sadeli, S.E., M.Ak. (Dosen Prodi IAB & Organizing Committee of SEASAC).

C:\Users\DIAN\Downloads\DSC05772.JPG
Dr. M. Banowati Talim (Ketua Prodi Ilmu Administrasi Bisnis & Team Leader) sedang memperkenalkan UNPAR pada kick-off meeting SEASAC di Bangkok.

South East Asia Business to Business Sales Competition (SEASAC) merupakan proyek capacity building for higher education (CBHE) yang didanai oleh Erasmus+ dari European Union, untuk periode tahun 2019-2021. Proyek ini dipimpin oleh Turku University of Applied Sciences TUAS dari Finlandia dan melibatkan partner  universities dari Haaga-Helia University of Applied Sciences (Finlandia), Edinburgh Napier University (Skotlandia) dan University of Applied Sciences Wiener Neustadt (Austria) serta program universities dari Indonesia termasuk Universitas Katolik Parahyangan dan 2 universitas di Thailand. Program ini juga didukung oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui SEAMO dan SEAMOLEC.

Tujuan dari proyek SEASAC adalah mendekatkan kebutuhan sales professional di perusahaan dengan memperkuat kurikulum sales di perguruan tinggi. Selain menciptakan model pembelajaran, melalui SEASAC diharapkan koneksi strategis antara perguruan tinggi dan perusahaan dapat terjalin lebih dalam sehingga mampu meningkatkan kompetensi inovasi mahasiswa untuk bersaing di dunia kerja.

C:\Users\DIAN\Downloads\IMG_0566.JPG
Dian Sadeli, S.E., M.Ak. (Dosen Prodi IAB & Organizing Committee of SEASAC) sedang mempresentasikan hasil diskusi kelompok.

Proyek SEASAC dimulai dengan konseptualisasi profesional sales seperti apa yang dibutuhkan oleh perusahaan, dilanjutkan dengan penyusunan rancangan kuliah sales dan Training of Trainer (TOT) untuk pengajar. Proyek percontohan sales course akan dimulai pada tahun 2019 dan kompetisi Business to Business (B2B) Sales tingkat Asia Tenggara pertama akan dilaksanakan pada Maret 2020 di Mahasarakam University, Thailand dengan peserta mahasiswa dari universitas partner SEASAC di Indonesia dan Thailand. Pemenang dari kompetisi tersebut akan mendapat kesempatan untuk berpartisipasi pada kompetisi Sales di Eropa dalam ajang European Sales Competition (ESC). Kompetisi B2B Sales akan melibatkan mahasiswa dari berbagai program studi dengan syarat mengikuti B2B Sales Course.

Kurikulum sales diharapkan juga dapat diterapkan oleh universitas lain di Asia Tenggara sebagai bentuk diseminasi proyek ini. Pada tahun 2021 akan diadakan B2B Sales competition tingkat Asia Tenggara dan UNPAR akan menjadi tuan rumah untuk kompetisi ini. Peserta berasal dari mahasiswa universitas partner SEASAC dan turut mengundang universitas lain se-Asia Tenggara. Pemenang dari kompetisi tingkat Asia Tenggara berkesempatan untuk mengikuti kompetisi ESC di Eropa.

DSC06691
Foto bersama dengan peserta kick-off meeting dari Eropa dan Asia.