Bidang Peminatan Digital Bisnis

Bisnis digital adalah menciptakan keunggulan bersaing melalui penciptaan value yang unik bagi pelanggan dengan cara melakukan digital transformation.

Bidang peminatan Digital Bisnis di bawah Program Studi Administrasi Bisnis terinspirasi dari adanya kebutuhan untuk melakukan pengelolaan bisnis digital, karena bisnis digital bukan hanya teknologi.

Cara pengelolaan bisnis digital berbeda dengan pengelolaan bisnis konvensional. Hal ini disebabkan oleh perubahan teknologi yang sangat cepat, sehingga mengakibatkan cara pengelolaan bisnis di masa lalu tidak lagi relevan.

Bidang peminatan Digital Bisnis memastikan anda memahami perkembangan bisnis digital, melalui berbagai studi kasus, dan selanjutnya mampu menciptakan ide untuk menghadapi perkembangan tersebut.

Selain perancangan ide, anda juga dibekali dengan kemampuan mengelola minimal 4 fungsi bisnis: pemasaran, sumber daya manusia, operasional, keuangan dan akuntansi, serta fungsi bisnis lainnya.

Kemampuan merancang ide, pengelolaan fungsi bisnis, serta pemahaman teknologi menjadi kombinasi yang kami sebut dengan bidang peminatan Digital Bisnis.

Berikut adalah beberapa mata kuliah yang mencirikan bidang peminatan Digital Bisnis:

NoNama Mata KuliahDeskripsi
1Pemasaran Digital (2019)Tujuan mata kuliah Pemasaran Digital adalah mempelajari cara menerapkan pemasaran digital yang terintegrasi dengan pemasaran konvensional. Mahasiswa mempelajari prinsip pemasaran digital dan menganalisa perkembangan yang mempunyai dampak pada perubahan pemasaran digital. Mahasiswa juga diharuskan mengaplikasikan konsep pemasaran digital tersebut dalam kasus nyata.
2Komunikasi Pemasaran Terpadu (2019)Tujuan mata kuliah Komunikasi Pemasaran Terintegrasi adalah mempelajari cara mengintegrasikan berbagai saluran pemasaran untuk mencapai tujuan pemasaran. Selain itu, pemilihan konten yang sesuai dengan tujuan saluran pemasaran dan komunikasi pemasaran menjadi dasar penentuan pendekatan strategi dan kreativitas. Mahasiswa diharapkan memiliki kemampuan mengevaluasi studi kasus yang berhubungan dengan hal ini.
3Transformasi Digital (2019)Tujuan mata kuliah Transformasi Digital adalah mempelajari bagaimana mengubah perusahaan konvensional menjadi perusahaan digital. Mahasiswa harus mempelajari 5 domain dari transformasi digital. Aspek penting yang menjadi penekanan setiap domain adalah fokus pembelajaran ini.
4Manajemen Operasi dan Proyek (2019)Tujuan mata kuliah Manajemen Operasi dan Proyek adalah mempelajari efektivitas dari manajemen operasi di bisnis digital. Berdasarkan hasil analisis tersebut, mahasiswa harus memperbarui manajemen operasi perusahaan dengan menggunakan konsep pengembangan yang berkelanjutan. Mahasiswa juga mempelajari bagaimana melakukan proyek agar waktu dan biaya dapat sesuai dengan rencana.
5Membangun Sistem Digital (2019)Tujuan mata kuliah Membangun Sistem Digital adalah mempelajari prinsip utama untuk merancang sistem informasi berbasis komputer yang berkelanjutan. Berbagai desain, arsitektur informasi, dan model data dipelajari agar mahasiswa dapat menganalisis dan menghasilkan purwarupa sistem informasi yang sesuai dengan tujuan perusahaan.
6Solusi Finansial Untuk Bisnis Digital (2019)Tujuan mata kuliah Solusi Finansial Untuk Bisnis Digital adalah mempelajari bagaimana mengelola keuangan di bisnis digital. Berbagai pendekatan yang dapat digunakan untuk mengambil keputusan yang efektif dipelajari agar dapat mencapai tujuan keuangan perusahaan. Peran akuntansi manajemen dan sistem pengendalian manajemen, menjadi dasar untuk menciptakan berbagai model pengambilan keputusan keuangan.
7Risiko Bisnis Digital (2019)Tujuan mata kuliah Resiko Bisnis Digital adalah mempelajari pentingnya keamanan informasi dan manajemen resiko dari digital bisnis. Mahasiswa mengidentifikasi dan menganalisis berbagai faktor yang dapat mempengaruhi tingkat resiko digital bisnis tersebut. Berbagai teori, konsep, dan metodologi untuk mengelola resiko, dipelajari agar mahasiswa dapat memberikan rekomendasi apa yang harus dilakukan perusahaan bila menghadapi kasus/situasi yang berhubungan dengan teknologi digital.
8Sistem Pengelolaan Pangkalan DataTujuan mata kuliah Sistem Pengelolaan Pangkalan Data adalah mempelajari cara menggunakan aplikasi untuk mengolah data agar dapat dianalisis. Hasil analisis tersebut menjadi dasar kegiatan pemantauan, pengawasan, dan pengambilan keputusan di seluruh divisi perusahaan.
9Bisnis Analitik dan Big Data (2019)Tujuan dari mata kuliah Analitik Bisnis dan Big Data adalah mempelajari prinsip dari analitik bisnis, dengan memanfaatkan big data. Berbagai metode analitik bisnis dan aplikasinya menjadi penekanan utama mata kuliah ini. Mahasiswa juga diperkenalkan dengan konsep business intelligent dan visualisasi data. Mahasiswa diharapkan mampu menemukan pola yang dapat digunakan sebagai dasar pengawasan dan evaluasi bisnis, serta pengambilan keputusan.
10Studi Kasus Bisnis Digital (2019)Tujuan dari mata kuliah Studi Kasus Bisnis Digital adalah mempelajari berbagai studi kasus terkini dari bisnis digital. Mata kuliah ini menekankan pada manajemen perubahan, bagaimana proses dan mekanisme bisnis mengalami perubahan untuk mendukung pengambilan keputusan yang lebih baik. Mahasiswa harus mampu menganalisis dampak penerapan business intelligence dan berbagai teknologi digital terhadap kinerja bisnis. Hasil analisis tersebut diolah menjadi suatu model untuk mengevaluasi persiapan suatu perusahaan yang ingin mendapat hasil optimal dari teknologi digital.
11Sistem Informasi ManajemenTujuan dari mata kuliah Sistem Informasi Manajemen adalah memberikan pemahaman mengenai bagaimana berbagai jenis sistem informasi bisa digunakan untuk dapat membantu manajemen dalam melakukan kegiatan monitor aktivitas bisnis, kegiatan kontrol bisnis, dan pengambilan keputusan. Mahasiswa/i akan mempelajari perubahan yang dapat terjadi dikarenakan adanya perubahan di organisasi, manajemen, maupun teknologi. Kemudian bagaimana ide perubahan tersebut dapat didukung oleh jenis sistem informasi yang tepat. Mahasiswa/i akan mempelajari bagaimana merancang sistem informasi manajemen yang tepat berdasarkan business process modelling notation.
12Pemodelan BisnisTujuan dari mata kuliah Pemodelan Bisnis adalah mempelajari perubahan model bisnis perusahaan sebagai akibat dari disrupsi teknologi. Mahasiswa diharapkan mampu menciptakan nilai baru, pasar baru, dan merubah perilaku pelanggan melalui model bisnis yang dirancang.
13Teknik Penulisan Karya IlmiahTujuan dari mata kuliah Teknik Penulisan Karya Ilmiah adalah memberikan pemahaman mengenai bagaimana mempunyai kompetensi dalam higher order thinking, membuat model yang merupakan penyederhanaan dari berbagi konsep, dan menuliskannya dalam bentuk karya ilmiah. Mahasiswa/i akan mempelajari proses berpikir secara bertahap dari berbagai level bloom taxonomy sampai ke tingkat analitis. Kemudian bagaimana membaca jurnal lalu membuat model yang mempunyai originalitas. Karya ilmiah dihasilkan dengan mengutamakan etika akademik dan didukung penguasaan aplikasi yang sesuai.