Alur Kurikulum

Anda baru saja bergabung sebagai mahasiswa baru, atau anda merupakan mahasiswa aktif Program Studi Administrasi Bisnis, Universitas Katolik Parahyangan (PSAB)? Luangkan waktu sebentar untuk memahami perjalanan anda selama berada di PSAB.

Ketika anda menjadi mahasiswa baru, anda akan dibekali dengan pelatihan dasar dalam bentuk ospek yang bernama Business Simulation and Gathering (BISING). Jangan merasa kuatir dengan istilah “ospek”, karena BISING tidak memiliki kegiatan yang mempermalukan diri anda. Anda justru akan dibekali dengan berbagai pengalaman yang dibagikan dari para pelaku bisnis, dan pengalaman pribadi anda dalam bentuk proyek kecil berkelompok.

Di semester awal, anda akan memperoleh mata kuliah ciri khas Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), seperti Ilmu Ekonomi, Ilmu Politik, dan Sosiologi. Anda juga akan memperoleh ilmu dasar Administrasi Bisnis, seperti Pengantar Ilmu Administrasi Bisnis, Akuntansi Keuangan Dasar, dan Dasar-Dasar Organisasi.

Mulai semester 3, anda dapat memilih peminatan yang anda sukai. PSAB memiliki 2 peminatan, yaitu:

  1. General bisnis: anda membangun pengalaman diri dalam mengelola bisnis atau membangun bisnis
  2. Digital bisnis: anda menciptakan keunggulan bersaing bisnis melalui penciptaan value yang unik bagi pelanggan dengan cara melakukan digital transformation.

Beberapa mata kuliah di masing-masing peminatan memiliki perbedaan yang mencolok, contoh:

  1. Strategi operasi (general bisnis): membahas tentang penggunaan teknologi operasi secara strategis untuk berbagai aspek produksi perusahaan, baik manufaktur maupun jasa, sehingga akan didapatkan formulasi kebijakan operasi dan strategi operasi perusahaan yang optimal
  2. Transformasi digital (digital bisnis): mempelajari bagaimana mengubah perusahaan konvensional menjadi perusahaan digital. Mahasiswa harus mempelajari 5 domain dari transformasi digital. Aspek penting yang menjadi penekanan setiap domain adalah fokus pembelajaran ini.

Peminatan manapun yang anda pilih, di semester 6 anda wajib memilih konsentrasi yang akan berhubungan dengan penelitian akhir anda. Konsentrasi yang dapat anda pilih antara lain:

  1. Memulai bisnis: dimulai dari mata kuliah Manajemen Rantai Nilai, dan Studi Kelayakan Bisnis. Selanjutnya anda mewujudkan ide bisnis anda di mata kuliah Simulasi Startup Bisnis
  2. Profesional bisnis: dimulai dari mata kuliah Simulasi Proses Bisnis Operasional, dan Simulasi Proses Bisnis Manajerial. Selanjutnya anda menjalani magang di perusahaan pilihan anda selama 1 semester dengan posisi setara supervisor

Sebagai syarat kelulusan di tingkat sarjana, maka anda wajib melakukan penelitian yang dituangkan dalam bentuk naskah skripsi, dan selanjutnya diuji dalam sidang skripsi selama 60 menit oleh 3 orang penguji.

Sebagai bukti kelulusan anda dari PSAB, anda tidak hanya dibekali ijazah dan transkrip akademik, anda juga berhak menyandang gelar Sarjana Administrasi Bisnis (, S.AB.) dibelakang nama anda. Kami berharap anda dapat mengaplikasikan ilmu yang telah anda peroleh dalam bentuk:

  • Pemilik bisnis
  • Profesional bisnis

Yang tetap menjunjung semboyan “Bakuning Hyang Mrih Guna Santyaya Bhakti”

Informasi tambahan

  • Informasi lebih lengkap mengenai Universitas Katolik Parahyangan dapat diakses di laman www.unpar.ac.id
  • Informasi lebih lengkap mengenai Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik dapat diakses di laman fisip.unpar.ac.id 
  • Informasi lebih lengkap mengenai Program Studi Administrasi Bisnis dapat diakses di laman iab.unpar.ac.id
  • Bagi mahasiswa aktif:
    • Anda WAJIB bergabung di google classroom dengan kode: zzlywqh
    • Anda juga WAJIB bergabung di grup whatsapp angkatan
    • Alur mata kuliah lengkap dapat diakses di google classroom dengan kode: zzlywqh