Refleksi Memperingati Hari Pendidikan Nasional

Dalam rangka memperingati hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Mei, Pusat Inovasi Pembelajaran Universitas Katolik Parahyangan mengadakan Seminar yang mengambil tema “Refleksi Memperingati Hari Pendidikan Nasional”. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Ruang Audio Visual Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik pada hari Jumat 2 Mei 2014 dan hadir sebagai pembicara adalah Prof. Anita Lie, MA., Ed.D beliau adalah Direktur Program Pascasarjana Universitas Katolik Widya Mandala, Surabaya.

Acara dibuka dengan sambutan Rektor Universitas Katolik Parahyangan, Prof. Robertus Wahyudi Triweko P.hD., kemudian dilanjutkan sesi pertama yaitu penyampaian Visi Pendidikan Ki Hajar Dewantara oleh Bartolomeus Samho, SS.,M.PD., Dalam kesempatan ini beliau menyampaikan bagaimana Ki Hajar Dewantara mewujudkan visi pendidikannya melalui Taman Siswa. Perspektif Taman Siswa dapat diinterpretasikan sebagai tempat dimana subjek didik dapat mengalami aktifitas edukatif : belajar, bermain, bekerjasama, dan berinteraksi dengan sesama. Oleh karena itu, lembaga pendidikan idealnya adalah tempat dimana para peserta didik mengalami proses pembelajaran dalam suasana yang selain manusiawi, juga menyenangkan dan membahagiakan.

Sesi selanjutnya dengan tema tantangan pendidikan nasional dan strategi perbaikan dibawakan oleh Prof. Anita Lie, MA., Ed.D, beliau menyampaikan bagaimana mengubah atau mensejajarkan tujuan politis dan tujuan pendidikan, meningkatkan dedikasi dan kompetensi guru serta memperbaiki sistem pendidikan yang ada di Indonesia saat ini.