Creating a Winning Strategy in Industry 4.0

Menindaklanjuti kegiatan Corporate Gathering yang telah dilaksanakan pada bulan Maret 2019 (link artikel sebelumnya), Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis Universitas Katolik Parahyangan dengan Politeknik APP Jakarta yang berada di bawah Kementerian Perindustrian bekerjasama untuk mengadakan kegiatan lanjutan dengan tema “Creating a Winning Strategy in Industry 4.0” yang dilaksanakan di ruang aula Gedung Kementerian Perindustrian Republik Indonesia.

Pembukaan oleh Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri, Bapak Eko S.A Cahyanto

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri, Bapak Eko S.A Cahyanto dan kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan MOU antara Universitas Katolik Parahyangan, Politeknik APP, Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO), dan Perhimpunan INTI. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kerjasama antara organisasi pendidikan dengan industri guna meningkatkan sumber daya manusia unggul dan sesuai dengan kebutuhan industri saat ini, serta diharapkan dapat membantu perusahaan mempertahankan eksistensinya di tengah revolusi industri 4.0.

Penandatanganan MOU antara Universitas Katolik Parahyangan, Politeknik APP, APINDO, dan Perhimpunan INTI

Adapun kegiatan ini dihadiri oleh tiga ratus lima puluh empat peserta yang merupakan anggota dari APINDO dan perhimpunan INTI.  Kegiatan Corporate Gathering ini mengundang dua pembicara yaitu Bapak Arief Gusnanto, Ph.D dan Prof. Jol Stoffers yang memaparkan materi mereka masing-masing. Materi-materi yang disampaikan pada kegiatan ini memiliki tema besar “Creating a Winning Strategy in Industry 4.0”. Diskusi dimulai oleh Bapak Arief Gusnanto, Ph.D, yang merupakan seorang associate professor dari University of Leeds. Bapak Arief Gusnanto juga merupakan seorang ahli statistik dan memiliki pemahaman terhadap big data. Big data merupakan sesuatu yang memiliki pengaruh besar terhadap perusahaan karena berhubungan dengan perolehan informasi. Presentasi yang dibawakan oleh Bapak Arief Gusnanto menekankan pentingnya analisis big data bagi perusahaan.

Presentasi Bapak Arief Gustanto

Setelah presentasi dari Bapak Arief Gustanto, peserta mendengarkan presentasi dari Prof. Jol Stoffers, Ph.D yang merupakan professor of employability dari ZUYD University of Applied Science dan Open University of the Netherlands dan juga memiliki peran sebagai adjunct professor di Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis Universitas Katolik Parahyangan. Pada kegiatan  ini, Prof. Jol Stoffers membagikan materi mengenai berbagai keterampilan dan kompetensi yang sesuai untuk menghadapi era industri 4.0.

Presentasi Prof. Jol Stoffers, Ph.D

Kegiatan Corporate Gathering yang bertema “Creating a Winning Strategy in Industry 4.0” dapat terselenggarakan berkat dukungan dari berbagai pihak dari dalam maupun luar negeri yaitu APINDO, Perhimpunan INTI, PT. Jamiko Karya Kreasi, EAMI (European Asian Management Institute) – Belanda, Hobart Technology – Australia, Maastricht School of Management – Belanda.