International Business Seminar : Humane Entrepreneurship Facing Industry 4.0

Foto bersama bapak H. M. Ridwan Kamil, S.T., M.U.D. Hadir pula dan memberikan sambutan adalah Rektor Universitas Katolik Parahyangan, bapak Mangadar Situmorang, Ph.D. Pemateri seminar, Chatarina Badra Nawangpalupi, Ph.D (Ketua LPPM UNPAR), Dr. Banowati Talim (Ketua Prodi Adm. Bisnis UNPAR), Diana Sari, Ph.D (Ketua Inkubator Bisnis Univ Padjajaran), dan Bang Jung Hwan (Partner YTeams, Korea)

Program Studi Administrasi Bisnis Universitas Katolik Parahyangan bekerjasama dengan International Council for Small Business (ICSB) West Java dan Indonesia menyelenggarakan acara Seminar Bisnis Internasional pada tanggal 21 Agustus 2019 di Ruang Veritas, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Kampus UNPAR Ciumbuleuit 94. Humane Entrepreneurship Facing Industry 4.0. sengaja dipilih sebagai thema utama seminar kali ini, sebagai bentuk kontribusi nyata akademisi untuk dunia usaha dan Pemerintah khususnya dalam  kajjian UMKM. Demikian dikatakan oleh Dr. Banowati Ketua Program Studi Administrasi Bisnis UNPAR. 

Humane Entrepreneurship menjadi pendekatan utama dalam membina UMKM yang digagas Ki Chan Kim, di tahun 2017 saat Kongres ICSB global di PBB, Washington DC, Amerika. Inti dari HE menggarisbawahi kebahagiaan insan dalam perusahaan akan menggairahkan suasana kerja, dan mendorong terciptanya produktivitas kerja setiap insan, untuk mencapai pertumbuhan usaha yang baik. Konsep ini menggabungkan pendekatan yang berfokus pada orang dan pendekatan yang berfokus pada profit, dengan 10 prinsip dalam dua siklus, yaitu  Human Cycle: Empathy, Equity, Empowerment, Enablement, dan Ecosystem yang diwarnai oleh Engagement dalam pelaksanaan siklus human; Enterprise Cycle: Envisioning, Enthusiasm, Exploration, Experimentation, dan Execution, yang diwarnai oleh Excellence dalam setiap pelaksanaan siklus enterprise.

Pengesahan Humane Entrepreneurship Center oleh bapak H. M. Ridwan Kamil, S.T., M.U.D. (Gubernur Jawa Barat), bapak Mangadar Situmorang, Ph.D. (Rektor Universitas Katolik Parahyangan), bapak Ahmed Osman (President ICSB Global) , Prof. Ki-Chan Kim (Past President of ICSB Global 2015-2016), Bapak Hermawan Kertajaya (President of ACSB), dan Jacky Mussry (President of ICSB Indonesia)

Kegiatan ini merupakan agenda tahunan Program Studi Administrasi Bisnis UNPAR sebagai sarana untuk meningkatkan kapasitas mahasiswa dan dosen serta alumni. Biasanya pelaksanaan kegiatan yang bersifat internasional ini dilakukan melalui kolaborasi dengan berbagai pihak. Tahun ini Program Studi Administrasi Bisnis berkolaborasi dengan ICSB global tingkat dunia, ICSB tingkat Asia (ACSB), dan Pemda Jabar. Pembicara internasional yang dihadirkan adalah Ahmed Osman (Presiden ICSB Global), Bapak Hermawan Kartajaya, (Presiden ACSB), dan Profesor Ki Chan Kim (honorary founder Humane entrepreneurship, ICSB HE fellow, past President ASCB).

Acara yang dihadiri oleh lebih dari 300 peserta ini dibuka oleh Gubernur Jawa Barat, bapak H. M. Ridwan Kamil, S.T., M.U.D. Hadir pula dan memberikan sambutan adalah Rektor Universitas Katolik Parahyangan, bapak Mangadar Situmorang, Ph.D. Pemateri seminar, Chatarina Badra Nawangpalupi, Ph.D (Ketua LPPM UNPAR), Dr. Banowati Talim (Ketua Prodi Adm. Bisnis UNPAR), Diana Sari, Ph.D (Ketua Inkubator Bisnis Univ Padjajaran), dan Bang Jung Hwan (Partner YTeams, Korea). Selain peserta akademisi, hadir pula peserta dari UMKM, pembina UMKM, dan instansi Pemerintah. Sebagai bagian dari pembinaan kepemimpinan dosen, pelaksanaan seminar kali ini dipimpin oleh Dian Sadeli, SE., M.Ak. Pelaksanaan seminar internasional ini juga didukung oleh Pemprov Jawa Barat, Prodi D3 Manajemen UNPAR, Universitas Padjajaran, COE SMED UNPAR, ICSB Kota Bandung, Markplus, Floating Market, Indogarment, Percetakan Maju Jaya, dan Media Partner PR FM.