International Conference of Business Administration 2018: Peran Social Entrepreneurship di Digital Era dalam mencapai Tujuan Pengembangan Berkelanjutan.

27-29 September 2018

Progam Studi Sarjana dan Pasca Sarjana Ilmu Administrasi Bisnis Universitas Katolik Parahyangan (IAB Unpar) bekerjasama dengan Pemerintah Daerah Kota Cimahi menyelenggarakan International Conference of Business Administration tahun 2018 (ICBA 2018). Rangkaian acara telah dimulai sejak beberapa bulan yang lalu dengan dibukanya pendaftaran pemaparan makalah akademik. Acara dilaksanakan selama tiga hari pada 27-29 September 2018. Kegiatan utama yakni konferensi diselenggarakan pada 27 dan 28 September 2018 di Technopark Cimahi serta Hotel Holiday Inn, Pasteur, Bandung.

Tujuan dari konferensi internasional ini adalah untuk menghasilkan pengetahuan (knowledge) dalam model serta praktik dan pengalaman terbaik dalam mengembangkan kewirausahaan sosial yang mampu memanfaatkan informasi dan teknologi untuk mengatasi masalah ekonomi, sosial dan lingkungan hidup. Dengan demikan dapat mendukung upaya pencapaian target-target Sustainable Development Goals (SDGs) baik di Indonesia maupun di kawasan ASEAN.

Di hari pertama, ICBA menghadirkan beberapa pembicara untuk membahas masalah ekonomi digital serta kewirausahaan sosial melalui berbagai perspektif (pentahelix) yang dikemas dalam diskusi panel yang dimoderatori oleh Dr. Maria Widyarini (dosen Unpar) dengan pembicara Aldi Surianingrat (water.org) dari sisi pelaku social entrepreneur, Eddi Danusaputro (CEO Mandiri Capital), dan Bapak Arief Setyahadi (Direktur UMKM BJB) dari sisi pemodalan/capital, Lukman Shalahuddin (Kepala BP2D Jabar) dari sisi pemerintah, Julien Hanoteau (Kedge Business School – Perancis) dari sisi akademik, dan Marvin Sulistio (Metro TV) dari sisi media.