Mahasiswa Ilmu Administrasi Bisnis, Kelas Mata Kuliah Bisnis Mikro, Kecil, dan Menengah Mempelajari Praktik Bisnis UKM Melalui Kunjungan Perusahaan ke PT. Herlinah Cipta Pratama dan PT. GMP, Garut

Pada Kamis, 26 Oktober 2017 telah dilaksanakan Kunjungan Perusahaan terkait dengan mata kuliah Bisnis Mikro Kecil Menengah dengan total peserta 72 mahasiswa/i. Mahasiswa/i Ilmu Administrasi Bisnis melakukan kunjungan  ke Dodol Picnic dan Sentra Kulit Sukaregang, Garut.

 

Kunjungan Ke Dodol Picnic

Dodol Picnic merupakan oleh-oleh khas Kota Garut dimana pabriknya masih mengolah bahan bakunya dengan teknik tradisional namun tetap dibantu oleh beberapa mesin. Di sana, Mahasiswa/i Ilmu Administrasi Bisnis  berkeliling untuk melihat proses pembuatan dodol dari bahan baku hingga barang jadi yang siap dipasarkan. Tak lupa juga dijelaskan mengenai sejarah Dodol Picnic.

 

Ketua Progam Studi Ilmu Administrasi Bisnis Membuka acara Kunjungan Perusahaan.

Kami pun diberi kesempatan untuk mencicipi dodol yang sudah siap makan serta beberapa makanan kecil lainnya. Banyak peserta yang bertanya tentang produk ini, baik dari bahan baku yang digunakan, supplier yang dijadikan partner, sistem pengupahan pengawai, sumber daya manusia yang diperkerjakan, dan lokasi penjualan. Pembicara dari pihak Dodol Picnic menjelaskan bahwa produknya sempat ditolak oleh sebuah toko yang menjual oleh-oleh bagi turis. Namun, setelah proses yang cukup lama, dodol ini diterima di toko tersebut setelah mengganti nama dodol menjadi “Dodol Picnic”.

 

Dodol Picnic mengaku tidak kuatir dengan munculnya “Chocodot’ yang merupakan salah satu oleh-oleh khas Garut yang baru, yang menjual produk cokelat batangan dengan berbagai varian rasa dan packaging yang menarik yang mampu menarik perhatian berbagai segmen pasar. Dodol Picnic tidak menganggap Chocodot sebagai pesaingnya karena produk yang dijualnya berbeda. Setelah kami selesai berkeliling pabrik dan dijelaskan tentang Dodol Picnic, dilakukan pemberian plakat sebagai simbol tanda terima kasih Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis, FISIP UNPAR yang sudah diizinkan untuk melihat proses pembuatan Dodol Picnic.

 

 

Mahasiswa Ilmu Administrasi Bisnis, kelas Mata kuliah bisnis Mikro, Kecil, dan Menengah bersama dengan pengelola dodol Picnic. (foto: dok. Prodi IAB UNPAR)

 

Kunjungan Ke PT. GMP

Proses pencucian, pembersihan, hingga penggulungan kulit-kulit sapi.

PT. GMP merupakan Perusahaan pengelola Kulit. Disana Mahasiswa/i melihat proses pencucian, pembersihan, hingga penggulungan kulit-kulit yang sudah siap untuk dijual ke pabrik pembuatan produk berbahan kulit. Kebanyakan proses masih menggunakan cara manual untuk mengolah kulit tersebut. Banyak peserta yang antusias dengan proses pengolahan ini walaupun ada dari mereka yang mengeluh karena pabrik memiliki aroma yang menyengat.Namun keantusiasan peserta ditanggapi sangat baik oleh pihak pengelola PT. GMP.

 

Mahasiswa Ilmu Administrasi Bisnis, kelas Mata kuliah bisnis Mikro, Kecil, dan Menengah bersama dengan pengelola Sentra Kulit Sukaregang Garut. (foto: dok. Prodi IAB UNPAR)

 

Pak Sukandar menjelaskan proses pengelolaan Kulit Sapi yang telah jadi.

Dari sana, kami langsung diajak ke Sentra Kulit Sukaregang yang terdiri dari banyak toko yang menjual berbagai produk dari sepatu, tas, dan ajket yang seluruhnya berbahan kulit. Produk ini memiliki harga yang terjangkau namun kualitasnya baik, terlebhi dengan warna dan model yang menarik pula. Di sentra kulit ini, peserta diberi kebebasan untuk mengunjungi toko manapun untuk melihat-lihat dan jika ada yang mau membeli untuk dibawa pulang ke Bandung.

 

 

Wisata Ke Kawah Kamojang

Kawah Kamojang merupakan sesi terakhir dalam perjalanan kali ini. disini mahasiswa dapat bersantai-santai menikmati fenomena alam, asap panas yang keluar dari dalam tanah membuat suasana alam yang sangat tenang dan disukai banyak orang. Kawah Kamojang ini dikelola oleh Pertamina. Namun, sayangnya ketika tiba disana, sedikit gerimis. Peserta pun berfoto-foto dan mampir ke warung-warung kecil di sekelilingnya untuk makan indomie dan ngobrol bersama.

Peserta Kunjungan Perusahan menikmati suasana Kawah Kamojang. (foto: dok. Prodi IAB UNPAR)

Foto lengkap KP ke Garut >> https://goo.gl/CSr2JA

Menarik banget kan acaranya? Mangkanya jangan ketinggalan jika ada kunjungan perusahaan selanjutnya. Selalu ikuti informasi yang disebarkan di Line @bisnis_unpar