Program Studi Magister Administrasi Bisnis

Dari pengalaman UNPAR mendukung para alumni untuk sukses, kami yakin bahwa bila alumni mempunyai kombinasi kompetensi mengelola bisnis dan kompetensi khusus industri tertentu, maka alumni tersebut dapat lebih mudah menciptakan keunggulan bersaing bisnisnya. Untuk mempermudah lulusan dalam menguasai kompetensi tersebut, MAB UNPAR menekankan diskusi mendalam mengenai konsep-konsep utama mengelola bisnis dan bagaimana strategi penerapannya dengan meninjau berbagai tahapan bisnis dan karakteristik industri yang berbeda. Hal ini menjadi dasar agar para lulusan dapat mengembangkan dan merubah model dan strategi bisnis. Dosen-dosen MAB UNPAR berkomitmen untuk mengajak mahasiswa/i untuk dapat mentransformasi konsep-konsep utama bisnis menjadi model dan strategi bisnis yang unik dan tepat sasaran.

Salah satu tantangan bagi seorang pemimpin adalah harus dapat memonitor, mengevaluasi, dan membuat keputusan yang tepat, walaupun terkadang dengan data yang tidak lengkap. Fleksibilitas dan adaptabilitas menjadi kunci untuk dapat mengelola suatu bisnis. Dengan menguasai kompetensi mengelola bisnis, seorang pemimpin dan profesional dapat memperoleh persepsi yang lebih menyeluruh mengenai apa yang harus dilakukan menghadapi perubahan gaya hidup konsumen dan perkembangan teknologi yang cepat. Adaptsi ini menjadi salah satu hal penting karena suatu model bisnis yang sudah teruji juga harus berubah dalam menghadapi perubahan eksternal yang masif. Untuk mendukung para mahasiswa/i MAB UNPAR menguasai hal ini maka praktisi-praktisi bisnis yang andal di bidangnya masing-masing diundang berperan serta secara berkelanjutan di proses pembelajaran MAB UNPAR.

“The moment a leader steps away from his core competencies, his effectiveness as a leader disminishes” – Andy Stanley –

Metode team teaching digunakan agar mempermudah mahasiswa/i MAB UNPAR dalam mendapatkan pemahaman mengenai suatu konsep dan bagaimana impelementasinya di lapangan. Artinya, untuk setiap mata kuliah, pengajar adalah kombinasi dari dosen yang mengusai konsep-konsep bisnis dan praktisi yang berpengalaman dalam bidang bisnis dan Rumah Sakit.

Tidak terbatas pada pertemuan di kelas, untuk memberikan perkembangan terkini dan kesempatan networking, CEO Talk Series dilaksanakan secara berkala. Dalam acara ini, para pemimpin dalam bisnis diundang untuk membagikan pengalaman mereka. Diskusi ini menambah pembahasan kasus-kasus bisnis yang diberikan di setiap kelas. Kesuksesan dan kegagalan penerapan suatu konsep bisnis di berbagai industri menjadi bahan refleksi mahasiswa/i MAB UNPAR dan diharapkan akan mempercepat mereka untuk siap mengambil keputusan yang lebih kecil resikonya walaupun dengan informasi yang terbatas.

Terdapat dua konsentrasi untuk kelas di MAB, yaitu konsentrasi bisnis dan konsentrasi bisnis Rumah Sakit. Awalnya, MAB UNPAR hanya menyediakan 1 konsentrasi, yaitu bisnis dimana mahasiswa/i diajak untuk mendalami berbagai industri baik dari manufaktur, retail, maupun jasa. Mulai tahun 2022, dibuka konsentrasi baru, yaitu bisnis Rumah Sakit, dimana dalam konsentrasi ini, akan terdapat mata kuliah yang fokus membahas pengembangan di bisnis Rumah Sakit. Untuk mengoptimalkan konsentrasi bisnis Rumah Sakit ini UNPAR mengadakan banyak kerjasama, seperti dengan Persatuan Karya Dharma Kesehatan Indonesia (PERDHAKI).

Lama studi normal adalah selama 4 semester, tetapi terbuka peluang besar untuk menyelesaikan dalam 3 semester. Di semester ketiga hanya ada 1 buah mata kuliah sehingga bisa disatukan dengan penulisan thesis.

VISI PS-MAB sampai pada tahun 2025, yaitu:

“Menjadi lembaga pendidikan tinggi strata magister dalam bidang Administrasi Bisnis, yang menghasilkan profesional bisnis andal, yang mampu mensinergikan kearifan lokal dan nasional, dengan wawasan regional dan global”.

MISI PS-MAB adalah:

Menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang Administrasi Bisnis pada strata magister  dengan memadukan kearifan lokal dan nasional dengan wawasan regional dan internasional untuk terbangunnya pebisnis Indonesia yang tangguh di era pasar bersama ASEAN dan Cina khususnya serta pasar global umumnya, yang memiliki kepribadian Indonesia dalam pergaulan masyarakat bisnis dunia.

Pertama, menyelenggarakan pendidikan dengan proses pembelajaran yang memadukan teori dan konsep, experential learning, action learning dalam bentuk pengembangan start-up melalui inkubator bisnis dan teknologi.

Kedua, menyelenggarakan penelitian bisnis yang menghasilkan publikasi internasional, menghasilkan pengembangan usaha yang inovatif, dan atau peningkatan kinerja bisnis yang ada.

Ketiga, menyelenggarakan pengabdian untuk membangun kapasitas kewirausahaan pelaku bisnis lokal dan nasional untuk bersaing di tingkat regional.

Tujuan PS-MAB, yaitu:

  • Membangun karakter kepemimpinan bisnis yang inovatif, transformatif, serta berwawasan etis melalui metoda pembelajaran yang integratif.
  • Menghasilkan publikasi berskala internasional, pada tema-tema yang mengusung kearifan lokal Indonesia melalui budaya penelitian secara team work antara dosen dan mahasiswa.
  • Membangun jejaring yang kuat untuk pendampingan pelaku usaha (advokasi) yang melibatkan aktor pemerintah, bisnis, akademisi dan masyarakat dalam sektor usaha stratejik.
X